makalah KRISTAL AIR ZAMZAM


MAKALAH AGAMA :
KRISTAL AIR ZAMZAM
DI SUSUN


 

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BANDA ACEH
2014

KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim
Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah  ini, yang berjudul “Kristal Air Zamzam”. Dalam  makalah  ini penulis membahas tentang pengertian air Zamzam, dan segala hal yang mengenai Kristal Air Zamzam.
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membimbing umat dari jalan  kegelapan  menuju jalan yang terang benderang yang diridhoi oleh Allah SWT yaitu agama Islam.
Walaupun penulis sudah berupaya semaksimal mungkin, demi terselesainya makalah ini, penulis tetap menyadari bahwa kemampuan penulis jauh dari kesempurnaan, dan sudah pasti masih banyak kekurangannya. Sehingga kritik dan saran yang sifatnya membangun semangat penulis yang sangat penulis harapkan.
Dan atas terselesaikannya penyusunan  makalah ini, tak lupa penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
  1. Ibu Intan Qurratulaini S Ag. M.S.I selaku dosen mata kuliah  Agama yang telah membimbing dan  mendidik penulis sehingga penulis menjadi mahasiswa yang berilmu.
  2. Teman-teman yang membantu penulis dalam penulisan makalah ini.
  3. Semua pihak yang telah membantu penulis demi terselesainya makalah ini.
Semoga bimbingan dan bantuan serta dorongan yang diberikan mendapat balasan dari Allah SWT. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amin Ya Rabbal ‘Alamin
Penulis
Kelompok Almaulhusna
BAB 1
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Tak banyak yang tahu bagaimana caranya sumur zam-zam bisa mengeluarkan puluhan juta lliter pada satu musim haji, tanpa pernah kering satu kali pun. Seorang peneliti pernah diperintahkan Raja Faisal menyelidiki sumur zam-zam untuk menjawab tuduhan kotor seorang doktor dari Mesir.
Dari Ibnu Abbas r.a, bahwasannya Nabi Muhammad saw, bersabda tentang air zam zam yang artinya sebagai berikut "Sebaik-baiknya air dipermukaan bumi ialah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit".

Berapa Juta Liter air zam-zam ? Berapa banyak air zam-zam yang di "kuras" setiap musim haji? Mari kita hitung secara sederhana. Jamaah haji yang berdatangan dari seluruh penjuru dunia pada setiap musim haji dewasa ini berjumlah sekitar dua juta orang. Semua jemaah diberi 5 liter air zam-zam ketika pulang nanti ke tanah airnya. Kalau 2 juta orang membawa pulang masing-masing 5 liter zam-zam ke negaranya, itu saja sudah 10 juta liter.


B.   Rumusan Masalah
1.    Pengertia Air Zam-zam ?
2.    Asal mula munculnya Air Zamzam ?
3.     Perbedaan Air Zamzam dengan air lain ?
4.     Fakta – fakta tentang  air zamzam ?
5.     Khasiat dan kelebihan – kelebihan air zamzam ?
6.    Kristal zam –zam itu ?
7.    Hikmah Air Zamzam ?






BAB II
PEMBAHASAN

KRISTAL AIR ZAM – ZAM

A.  PENGERTIAN AIR ZAMZAM
Air Zamzam ( زمزم) dalam bahasa Arab mengandung arti  banyak, melimpah-ruah. Umat Islam menganggap Air zamzam  ini sebagai air suci.


B.   ASAL MULA MUNCULNYA AIR ZAMZAM
            Keberadaan air zam zam, tak lepas dari sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail. Ketika itu, Allah memerintahkan Ibrahim membawa Isma'il dan Hajar, ke selatan (Mekah), dan Ibrahim menempatkan mereka di suatu lembah yang tak dikenal, Lembah ini tak berpenghuni Terik gurun yang membakar dan anginnya yang amat sangat panas memberikan bayangan kematian di hadapan mata. Ibrahim sendiri sangat prihatin atas kenyataan ini, air matanya mengalir, dan ia berkata kepada Hajar, "Wahai.Hajar! Semua ini dilakukan menurut perintah Yang Mahakuasa, dan perintah-Nya tak dapat dilawan.Bersandarlah pada rahmat Allah, dan yakinlah bahwa Ia tak akan menistakan kamu."Kemudian Ibrahim berdoa kepada Allah dengan penuh khusyuk, "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dan buah-buahan kepada penduduknya yang beriman kepada Allah." (QS, al-Baqarah, 2:126).
Ibrahim mengambil kendali hewan tunggangannya. Dengan air mata, ia memohon diri kepada tanah Mekah, Hajar, dan putranya. Tetapi, tak berapa lama kemudian, makanan dan minuman yang dapat diperoleh si anak dan ibunya habis, dan air susu Hajar pun kering. Kondisi putranya mulai merosot.Air mata mengucur dari ibu yang terasing itu dan membasahi pangkuannya. Dalam keadaan amat bingung, Siti Hajar lalu berusaha mencari air dengan berlari-lari kecil dari bukit Safa ke bukit Marwah sambil memohon kepada Allah apa saja untuk putranya. Dari sana ia melihat suatu bayangan dekat bukit Marwah. Ia pun lari ke sana. Namun, pemandangan palsu itu sangat mengecewakannya. Tangisan dan keresahan putranya tercinta menyebabkan ia lari lebih keras ke sana ke mari. Demikianlah, ia berlari tujuh kali antara bukit Shafa dan Marwah untuk mencari air, tetapi pada akhirnya ia kehilangan semua harapan, lalu kembali kepada putranya.
Si anak tentulah telah hampir sampai pada nafasnya yang terakhir.Kemampuannya meratap atau menangis sudah tiada. Namun, justru pada saat itu doa Ibrahim terkabul. Ibu yang letih lesu itu melihat bahwa air jernih telah mulai keluar dari bawah kaki Isma'il.Dengan kehendak Allah yang memerintahkan malaikat Jibril.Dengan memukul bumi, maka terpancarlah air.Itulah air zam-zam. Sang ibu, yang sedang menatap putranya dan mengira ia akan mati beberapa saat lagi, merasa sangat gembira melihat air itu. Hajar pun bergegas mengambil dan menampungnya.Diciduknya air itu dengan tangannya dan memasukkannya ke dalam tempat air.Setelah diciduk, air tersebut justru semakin memancar.Dia pun minum air tersebut dan juga memberikan kepada putranya, Ismail.Lalu Malaikat Jibril berkata kepadanya, “Jangan takut terlantar. Sesungguhnya, di sinilah Baitullah yang akan dibangun oleh anak ini (Ismail) bersama ayahnya. Dan sesungguhnya, Allah tidak akan menelantarkan hambanya.”
Munculnya sumber air ini, yang dinamakan Zamzam, sejak hari itu, membuat burung-burung air terbang di atasnya, membentangkan sayapnya yang lebar sebagai penaung kepala ibu dan anak yang telah menderita itu.lembah ini, melihat burung-burung yang beterbangan ke ada air di sekitarnya. Mereka mengutus dua orang untuk mengetahui keadaan itu.Setelah lama berkeliling, kedua orang itu sampai ke pusat rahmat Ilahi itu. Ketika mendekat, mereka melihat seorang wanita dan seorang anak sedang duduk di tepi suatu genangan air Beberapa waktu kemudian, datanglah orang-orang dari kabilah Jurhum turun di lembah Makkah. Mereka turun karena melihat burung -burung yang berputar-putar.Mereka berkata,”Burung ini berputar-putar di sekitar air.Kami yakin di lembah ini ada air,” lalu mereka mengirim utusan, dan ternyata benar mereka mendapatkan air.Utusan itupun kembali dan memberitahukan kepada orang-orang yang mengutusnya tentang adanya air. Merekapun kemudian mendatanginya, dan meminta izin dari Ummu Ismail, bahwa mereka akan mampir ke sana. Ummu Ismailpun mempersilahkan dengan syarat, bahwa mereka tidak berhak memiliki (sumber) air tersebut, dan kabilah Jurhum inipun setuju.


C.PERBEDAAN AIR ZAM-ZAM DENGAN AIR LAIN
            Air zam-zam memiliki keistimewaan dalam zat-zat yang dikandungnya.Tentang hal ini, sejumlah peneliti dari Pakistan telah melakukan penelitian panjang dan akhirnya mereka menemukan hal ini. Dan Pusat Penelitian Haji pun sudah melakukan hal yang sama terhadap air zam-zam, maka mereka menemukan bahwa air zam-zam adalah air yang menakjubkan, berbeda dengan air pada umunya.
Sami Unqowy, Eng., Ketua Pusat Penelitian Haji, "Ketika kami melakukan penggalian untuk perluasan sumur zam-zam, maka setiap kali mengambil air zam-zam tersebut semakin bertambah air yang keluar, setiap kami mengambil airnya, bertambah pula air dari sumur zam-zam itu, ...maka kami menyibukkan diri untuk memompa (menyedot) air zam-zam itu dengan tiga kali sedotan agar kering sehingga memudahkan kami dalam memasang pondasi. Lalu, kami pun melakukan penelitian terhadap air zam-zam dari celah-celah mata airnya untuk mengetahui ada tidaknya bakteri. Maka, ternyata air zam-zam tesebut tidak mengandung satu jenis bakteri pun!! Murni dan bersih. Akan bisa terkontaminasi setelah dipindahkan pada bejana atau ember, maka polutan pun masuk kepadanya !!Akan tetapi air itu bersih dan suci tidak terdapat bakteri apapun.Ini adalah keistimewaan air zam-zam. Dan diantara keistimewaan lainnya adalah engkau masih bisa menikmati air zam-zam itu sampai sekarang, dan terus mengalir sejak zaman Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam sampai kini.
Pada sumur-sumur biasa terjadi pertumbuhan organisme, baik hewan (bakteri) maupun tumbuhan (lumut) di dalamnya, sehingga menyebabkan air tidak bisa lagi dikonsumsi dan timbulnya berbagai masalah pada rasa dan bau. Sementara pada sumur Zamzam, tidak ditemukan keberadaan organisme apa pun.

Kandungan airnya berbeda dengan sumur-sumur yang ada di sekitar Makah.
1.      Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding sumur lainnya, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.
2.      Zamzam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya.
3.      Yang juga menakjubkan adalah, tak ada sedikit pun lumut di sumur ini. Zamzam selalu bebas dari kontaminasi kuman.
4.      Anehnya lagi, pada saat semua sumur air di sekitar Mekah dalam keadaan kering, sumur zamzam tetap berair. Dan zamzam memang tak pernah kering sepanjang zaman.
5.      Beberapa ulama fikih merekomendasikan agar jamaah haji membawa zamzam ketika pulang ke negaranya sebab zamzam itu bisa sebagai obat untuk suatu penyembuhan. Dan ini terbukti, banyak jamaah dari Indonesia maupun negara lain yang pernah merasakan keajaiban air zamzam.

D.FAKTA – FAKTA AIR ZAMZAM
      Terdapat 8 fakta Air zamzam yaitu antara lain :

1.      Tidak semua air sehat dan jernih membentuk struktur kristal jika dibekukan. Hanya air yang sehat dan berada di lingkungan yang menyenangkan dan baiklah yang bisa.
2.      Struktur molekul air dipengaruhi oleh getaran, musik, kekuatan pemikiran, doa, kata-kata atau tulisan yang ditempelkan (dilabelkan).
3.      Air zamzam dan Mekkah ketika dibekukan dan difoto membentuk kristal segi enam yang jernih dan sempurna.
4.      Air bisa memberi pengaruh positif dan negatif. Karena itu sangat disarankan untuk berdoa sebelum meminumnya.
5.      Air dari perairan yang tercemar, air ledeng, beracun, dan dipanaskan tidak akan pernah membentuk kristal.
6.      Air yang telah diberikan lantunan musik klasik atau doa setelah dibekukan dan difoto di bawah mikroskop akan membentuk kristal segienam berbentuk bunga yang indah. Berbeda jika diperdengarkan musik keras
7.      Meditasi dan doa hanya bersifat sementara mempengaruhi molekul air. Buktinya, upacara ritual dan meditasi yang dilakukan tidak terus menerus di sebuah perairan yang kotor dan berbau, hanya mengubah bau sementara.
8.      Lantunan doa yang terus diperdengarkan sepanJang zaman seperti yang terjadi pada sumber air zamzam, dipercaya membuat kualitas molekul airnya bertambah bagus, seperti kristal heksagonal yang berpendar teratur dan berwarna indah.

E. KHASIAT dan KELEBIHAN – KELEBIHAN AIR ZAM- ZAM
1.Makanan yang mengenyangkan.
                  Sahih Muslim pernah meriwayatkan bahawa Nabi Muhammad berkata kepada Abu Dharr yang tinggal berhampiran Kaabah selama 40 hari 40 malam tanpa makanan kecuali air zam-zam. Nabi Muhammad kemudian bertanya kepada Abu Dharr: “Siapakah yang memberi saudara makan?” Abu Dharr menjawab ringkas dengan menyatakan dia hanya meminum air zam-zam.“Saya tidak terasa penat atau lemah.Malah saya terasa gemuk dan bukannya kurus.”
2. Obat penyakit kecuali mati.
3. Air yang penuh keberkatan.
                  Abu Majah yang memetik Jaabir Abdullah pernah berkata bahawa Nabi Muhammad pernah bersabda :“Air zamzam adalah sesuai untuk diminum bagi semua tujuan dan niat.”

4. Mata air yang tidak pernah kering
                  zam-zam memancutkan air sebanyak 18 liter per detik tetapi    tidak pernah melimpah keluar dari telaga.

5. Anti-kuman.
                  Kandungan air zam-zam yang sememangnya bersih dan selamat untuk diminum sejak dahulu sehinggasekarang tanpa perlu melalui proses osmosis berbalik, penyulingan, rawatan klorin dan bahan kimia yang lain.

 6. Mengandungi kandungan garam yang stabil.
                  Amat baik dan sesuai untuk orang yang melakukan kerja berat, penat mengerjakan haji dan penat berjalan jauh.

 7.  Mengandungi kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, iodin, flourida, natrium dan kalium yang tinggi.

8. Wujud secara semula jadi dalam bentuk alkali.
Dapat mengawal kesan sampingan yang disebabkan oleh lebihan asid dalam perut dan secara tidak langsung mampu mencegah penyakit gastrik.

                  Imam at-Tirmizi pernah berkata, “ Orang yang meminum air zam-zam itu :
Ø  Jika dia minum untuk kenyang, maka Allah akan mengenyangkannya.
Ø  Jika dia minum untuk minuman, maka Allah memberinya minuman.
Ø  Jika dia minum untuk sembuh dari penyakit, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit.
Ø  Jika dia minum kerana akhlaknya yang buruk, maka Allah akan mengelokkan akhlaknya.
Ø  Jika dia minum untuk menghilangkan kegelapan hatinya, maka Allah akan menghilangkannya.
Ø  Jika dia minum mengkayakan hatinya, maka Allah akan mengkayakannya.
Ø  Jika dia minum kerana sesuatu hajat, maka Allah akan memakbulkannya.
Ø  Jika dia minum kerana sesuatu musibah yang menimpa, maka Allah melindunginya.
Ø  Jika dia minum kerana kesusahan yang menimpa, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya.
Ø  Dan jika dia minum kerana memohon bantuan, maka Allah akan membantunya.

F. KRISTAL ZAM ZAM

ALLAH BERFIRMAN :
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلا يُؤْمِنُونَ
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? “ (QS Al-Anbiyaa/21:30)
                  Mari kita ingat kembali bahwa air yang diberikan kata-kata positif akan menyusun kristal-kristal yang indah. Air mempersembahkan kepada kita makna yang mengagumkan bahwa kita seharusnya menjalani hidup dengan cara yang baik, serta tetap menjaga kesehatan pikiran dan tubuh kita serta berikankata-kata yang positif (informasi) yang baik kepada manusia, yang 70% tubuhnya adalah air. Sungguh kita tidak akan mampu menghitung nikmat Allah SWT yang diwujudkan-Nya berupa air.
                  “Allah-lah yang telah Menciptakan langit dan bumi serta menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia Mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu, dan Dia telah Menundukkan (pula) bagimu supaya behtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah Menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.” (QS. Ibrahim/14 : 32).
Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi :
                Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
                Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).


                  Beberapa molekul air yang ditelitinya berbentuk tak teratur, kecuali molekul air zamzam.Susunan molekul air zamzam berstruktur sangat indah, teratur, cantik bak berlian yang berkilauan, dan memancarkan lebih dari 12 warna jika dibekukan.
                  Di bawah ini adalah gambar molekul atau kristal AIR ZAM-ZAM, rangkaian bentuk heksagonal-nya sangat indah, cemerlang berkilau dan penuh warna ketika dibacakan ayat yang mulia. Ada satu kristal air yang nampak paling indah dan cantik, berbentuk seperti bunga atau cakra, bagaikan bertahta berlian mutu manikam, berkilau-kilau memancarkan belasan warna.
Dr. Masaru Emoto ilmuan Jepang sejak 1994 kesimpulan risetnya:
1.      1.Air zamzam memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa, atas izin Allah.
2.      2.Air zamzam memiliki struktur molekul air yang unik bila dibandingkan air-air seluruh dunia. Air zamzam dalam bentuk kristal menghasilkan struktur indah heksagonal (segi enam) yang cantik, indah, bak kilau berlian yang memancarkan lebih dari 12 warna.
3.      3.Kristal air zamzam bila diiringi hal-hal positif (doa dan bacaan al Qur’an). Tapi kristal akan pecah tak beraturan, bila diiringi hal-hal yang bersifat negative.
4.      4.Sifat kualitas positif molekul kristal karena pengaruh lingkungan (haji, umrah, munajat doa, dan bacaan Al-Quran) di sekitar Ka’bah tiap hari sepanjang masa.

G. HIKMAH AIR ZAM – ZAM
                  Berikut merupakan senarai beberapa Hikmah Air Zamzam:
1.Air terbaik di atas muka bumi dan penyembuh penyakit ( dengan izin Allah)
                  Sabda Nabi s.a.w..: " Sebaik-baik air yang ada d atas muka bumi ialah air Zamzam. Terdapat di dalam nya zat makanan ( org yang meminumnya berasa kenyang ) dan menyembuh penyakit."

2. Zamzam diberkati dan mengenyangkan
                  Abu Zar al- Ghifari r.a. menceritakan mengenai kedatanganya ke Mekah bertemu Rasulullah s.a.w dan memeluk Islam. Baginda bertanya kepadanya, " Sejak bila kamu berada di sini?"
Jawabnya: " Sejak 30 hari yang lalu."
" Siapa yang memberi kamu makanan?"
Jawabnya: " saya tidak punya makanan tetapi hanya minum air zamzam. Namun saya berasa semakin sihat dan tidan pernah lapar." lalu Rasulullah s.a.w bersabda, sesungguhnya Air zamzam adalah air yang diberkati. Ia mengandungi zat makanan ( dan yang meminumnya pasti merasa kenyang seperti makanan)."

3. Zamzam menyempurnakan niat peminumnya
              Mafhuznya sabda Rasulullah s.a.w ,; " Air zamzm itu untuk sebarang tujuan ( niat) orang yaang meminumnya ( dengan izin Allah)."

4. Zamzam menyebabka kemajuan dan pembangunan bumi makkah.
5. Air yang terpilih untuk menyucikan hati Rasulullah s.a.w. beberapa kali.
6. Bertambah keberkatanya dengan ludahan Rasulullah s.a.w ke dalamnya.
7. Tidak pernah kering walaupun jutaan manusia telah meminumnya sejak dari zaman Ibrahim a.s. hingga kiamat.
8. Banyak meminum air zamzam merupakan tanda iman dan bebas daripada munafik ( kerana org munafik tidak mempercayai kelebihannya).
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Air Zamzam ( زمزم) dalam bahasa Arab mengandung arti  banyak, melimpah-ruah. Umat Islam menganggap Air zamzam  ini sebagai air suci.
Asal mula munculnya Air zamz zam itu Berdasarkan dari salah satu riwayat, mata air itu ditemukan pertama kali oleh Siti Hajar setelah berlari-lari bolak-balik antara bukit Safa dengan bukit Marwah ketika mencari air, itu atas petunjuk Malaikat Jibril, tatkala Ismail putera Siti Hajar yang saat itu masih bayi, mengalami kehausan di tengah padang pasir, sementara persediaan air tidak ada.Tidak ada yang tahu persis bagaimana telaga zam-zam ini bisa mengeluarkan puluhan juta liter pada musim haji dan anehnya lagi sumur zamzam ini tidak pernah mengalami kekeringan. Ini sungguh karunia Allah atas kemaha kuasaan-Nya. Berawal dari kisah keluarga di atas muncul lah air zamzam yang bermanfaat sampai sekarang.
Ketika kesucian Ka’bah mulai tercemar oleh kemusyrikan, mata air Zam-zam pun ikut mengering dan sumurnya tenggelam hingga tidak diketahui keberadaannya selama beberapa abad. Suatu malam Abdul Muthalib (Kakek Nabi Muhammad) bermimpi, dalam mimpinya ia mendengar suara ghaib yang menyuruhnya menggali Zam-zam kembali. Abdul Muthalib menggali sesuai petunjuk dari mimpinya dan berhasil menemukan mata air Zam-zam untuk kemudian memperbaiki sumur air Zam-zam.


KRITIK DAN SARAN :











DAFTAR PUSTAKA :
http://ederenamorarse.wordpress.com/2011/05/30/rahasia-molekul-yang-terkandung-dalam-air-putih-dahsyatnya-berkah-air-putih/

•http://nidafadlan.wordpress.com/2011/01/09/fakta-tentang-air-zam-zam/  

•http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Airzamzam/airzamzam.htm

•https://www.facebook.com/PerlengkapanHajiUmrohSyauqiDaifulloh/posts/213129085494305


•http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Airzamzam/airzamzam.htm                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

badan usaha perseorangan

MADOFF (SKEMA PONZI) ...